360 Keris Dihibahkan ke Museum Keris Solo

551 views
360 Keris Dihibahkan ke Museum Keris Solo

360 Keris Dihibahkan ke Museum Keris Solo

Berdikarinews.com, SOLO – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkor Surakarta, Eny Tyasni Suzana menyampaikan bahwa sebanyak 360 bilah keris telah disumbangkan untuk menjadi koleksi Museum Keris Solo, Rabu (9/11/2016).

Dengan adanya hal tersebut Pemkot Surakarta berencana melibatkan kurator maupun ahli keris, dalam menaksir nilai keris yang dihibahkan dari kolektor tersebut. Penglibatan ahli tersebut dimaksudkan untuk memudahkan pencarian nilai hibah keris. Pasalnya, tidak ada kepastian harga keris di pasaran.

Di sisi lain, Pemkot optimistis jika akhir bulan ini pembangunan Museum Keris bisa selesai. Sebab saat ini tinggal menyelesaikan proyek pembuatan story line dan diorama, serta pembenahan lantai dasar saja.

Ia mengatakan, jika selesai sesuai waktu yang diharapkan, maka bulan depan museum tersebut bisa dibuka untuk umum. Pembangunan tahap pertama museum pada tahun yang sama, tidak mampu diselesaikan oleh kontraktor.

Akibatnya, pembangunan itu terpaksa dilanjutkan pada awal 2014. Selain itu, kucuran anggaran senilai Rp6 miliar juga pernah ditunda pencairannya oleh pemerintah pusat pada 2014, sebelum direalisasikan pada 2015. Adm