Demokrasi Kebangsaan Di Mata Kaum Intelektual

140 views

Dalam Kegiatan Diskusi Ringan dari Tim Advokasi YLBH Perjuangan sambil menunggu jadwal sidang di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, membahas isu yang menarik.

Pendiri YLBH Perjuangan Bapak Budhi Benyamin Sembiring memberikan pendapatnya tentang dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara khusus kepada organisasi masyarakat saat ini paskah dikeluarkannya Perpu nomor 2 tahun 2017.

Mantan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga Menuturkan bahwa perpu nomor 2 tahun 2017 tersebut sudah benar dan tepat karena untuk menjawab persoalan-persoalan bangsa saat ini.

“Perpu tersebut dikeluarkan untuk menjawab situasi kebangsaan saat ini yang harus di lihat berdasarkan sudut pandang hukum, bukan politik. Sudah sepatutnya ormas yang tidak berazazkan pancasila tidak bisa dipertahankan karena dapat mempengaruhi stabilitas khususnya keamanan, dan ketertiban di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara” pungkasnya (17/7)

Hal ini juga di ungkapkan oleh salah satu advokat senior di LBH Perjuangan ,Sahat Andika Situmorang yang juga merupakan para legal di di LBH tersebut yang saat ini fokus pada konsentrasi hukum korporasi dan memiliki pemikiran yang kritis berspektifkan Hak Azazi Manusia.

Dalam pendapatnya praktisi yang akrab dipanggil sahat ini menambahkan bahwa ormas sudah sepatutnya mendukung setiap upaya pemerintah di dalam hal menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara. Menciptakan kehidupan yang benar-benar merdeka.

“Arti kata merdeka disini adalah berjuang secara fair play untuk memenuhi kebutuhan hidup di masyarakat secara benar, sesuai dengan norma, dan aturan yang berlaku. Pemerintah dengan masyarakat adalah unsur penting dalam sebuah negara, yang harus saling mendukung, menopang dan memberikan pandangan untuk kebaikan bangsa dan negara. Kita harus selalu belajar dari sejarah bangsa Indonesia saat ini, kita tidak boleh dipengaruhi oleh pihak-pihak yang ingin membuat Indonesia terpuruk. Kita harus selalu berpedoman kepada cita-cita luhur the founding father dan para pahlawan nasional” katanya.

Salam Perjuangan
~YLBH Perjuangan