Masuk 20 Besar Ekspotir Buah, Indonesia Mulai Dongkrak Ekspor Buah

Masuk 20 Besar Ekspotir Buah, Indonesia Mulai Dongkrak Ekspor Buah

Masuk 20 Besar Ekspotir Buah, Indonesia Mulai Dongkrak Ekspor Buah

Berdikarinews.com, JAKARTA –  Indonesia masuk peringkat 20 besar eksportir buah di dunia setelah dilihat berdasarkan catatan Kementerian Pertanian (Kementan) nilai ekspor buah Indonesia di 2015 mencapai 65%, Kamis (17/11/2016).

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, produksi buah lokal pada 2015 cukup tinggi, hal ini yang membuat nilai ekspor meningkat dan membuat menumbuhkan konsumsi masyarakat. Namun, Amran mengakui, bahwa terjadi penurunan produksi di 2016 yang menyebabkan ekspor pun menurun.

Ia juga mengungkapkan konsumsi kita di Indonesia meningkat, tahun produksi meningkat, ekspor kita 2015 naik 65%, 2016 ada penurunan ekspor sedikit, tapi ekspor masih baik.

Amran melanjutkan, guna meningkatkan produksi buah lokal dan mendorong pertumbuhan ekspor buah, Kementerian Pertanian berencana menambah luas lahan tanam buah sekira 100 ribu hektar (ha).

Amran pun menambahkan penambahan luas lahan sekira 100 ribu hektar tersebut dimaksudkan agar ekspor kita yang mencapai 600 ribu ton ke beberapa negara seperti Filipina, daerah Asia, bahkan tembus Eropa supaya lebik baik lagi. Dan sekarang pun sudah ada 1 juta ha lahan buah. Adm