Nico Siahaan: Anak Muda Jangan Ahistoris

48 views
nico

Nico Siahaan tengah berbicara saat sosialisasi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI

Bandung – Anggota DPR/MPR RI daerah pemilihan Jawa Barat I, Junico BP Siahaan atau yang lebih akrab disapa Nico Siahaan menggelar kegiatan sosialisasi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI di Kota Bandung, Jawa Barat.

Pada acara yang dihadiri oleh ratusan pemuda tersebut, Nico menekankan pentingnya menjaga apa yang sudah menjadi konsensus dalam bernegara. Menurutnya, apa yang sudah disepakati oleh para pendiri bangsa tersebut masih aktual dan sudah hidup di bumi Indonesia sejak dulu.

“Misalnya saja Pancasila, itu tidak turun dari langit ataupun dicomot dari apa yang dipraktikan negara-negara lain. Pancasila itu digali dari keseharian hidup bangsa kita. Ketuhanan, kemanusiaan, kebersamaan, keadilan, dan gotong-royong itu hidup di bumi kita sejak lama,” ujar Nico, Sabtu (23/9/2017).

Lebih lanjut, Nico mengajak peserta yang hadir untuk kembali membaca sejarah perjuangan bangsa agar dapat memahami spirit yang diinginkan oleh pendiri bangsa dalam mendirikan Indonesia merdeka. Menurut kader PDI Perjuangan tersebut, memahami sejarah itu penting agar kita tidak terjebak dalam gerakan-gerakan sekolompok orang yang ingin merusak kebersamaan kita sebagai sebuah bangsa.

“Kita tidak boleh ahistoris, bila kita memahami bagaimana negara ini didirikan, maka persoalan empat konsensus bangsa ini sudah final dan tidak perlu ada perdebatan lagi, apalagi gerakan-gerakan yang mencoba merongrong,” tegasnya.