Nico Siahaan Bicara Ekonomi Pancasila

65 views

Nico Siahaan bicara ekonomi Pancasila

Pancasila bukanlah hiasan dinding sebagaimana ada di setiap sekolah ataupun lembaga-lembaga pemerintah. Hal ini disampaikan oleh Junico BP Siahaan (Nico Siahaan) saat berbicara dalam Seminar Empat Konsensus Bangsa di depan ratusan warga dan kader PDI Perjuangan di Kota Bandung, Rabu (26/7/2017).

Menurut Nico, Pancasila sebagai pedoman dalam bernegara harus diaplikasikan oleh seluruh warga negara. Tanpa wujud konkrit, maka Pancasila hanya akan tinggal cerita saja.

“Pancasila jangan hanya jadi jargon dan alat propaganda saja. Pancasila harus mewarnai tindak tanduk aparat pemerintah dan warganya,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Nico yang juga Anggota DPR RI dari daerah pemilihan jawa Barat I yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi juga membahas mengenai ekonomi Pancasila. Menurutnya ekonomi yang dijiwai oleh Pancasila dapat menciptakan kesejahteraan bersama.

“Kehidupan ekonomi itu harus dijiwai oleh Pancasila karena dalam perekonomian yang memiliki spirit Pancasila terkandung kesejahteraan bersama di mana yang lain mendapatkan untung tapi dengan jalan tidak membuat yang lainnya merugi. Kita tidak boleh menumpuk keuntungan di atas penderitaan orang lain,” jelasnya.

Selanjutnya, menurut Tulus Santoso, pengajar di Institut STIAMI Jakarta, hanya Pancasila sebagai dasar negara yang mampu memberi ruang bagi lahirnya kebersamaan dan toleransi dalam kehidupan bernegara.

“Pancasila itu memberikan ruang dan kesempatan yang sama bagi agama dan keyakinan yang ada di Indonesia untuk hidup tanpa masing-masing kehilangan keyakinan yang dimilikinya. Pancasila juga memberikan kesempatan yang sama terhadap suku-suku yang ada,” jelasnya.