Nyoman S Hartana Pimpin PCTA Indonesia

503 views

Ketua Terpilih Nyoman S Hartana (Paling kanan) foto bersama Dewan Penyantun dan perwakilan para raja yang hadir.

Berdikarinews.com, JOMBANG – Nyoman Hartana didapuk memimpin Organisasi Persaudaraan Cinta Tanah Air (PCTA) Indonesia periode 2017-2022, dalam Musyawarah Nasional (Munas) ke 1, di Jombang.

Munas yang digelar Jumat hingga Minggu (17-19/3) di Hotel Yusro Jombang ini menetapkan Nyoman S Hartana sebagai Ketua Umum DPP PCTA Indonesia Yang Dijiwai Manunggalnya Keimaman dan Kemanusiaan.

Terpilihnya Nyoman tergolong unik, karena tidak dipilih oleh peserta Munas. Peserta hanya mengajukan beberapa nama, kemudian diajukan kepada Dewan Penyantun untuk diputuskan.

Sesuai tata tertib munas, DPD PCTA Indonesia mengusulkan masing-masing tiga nama, hingga ketika dikumpulkan menjadi 11 nama.

Dari 11 nama itu, 6 nama yang menempati urutan tertinggi yaitu I Nyoman S Hartana dengan dukungan 19 DPD, Ir Edi Setiawan 17 DPD, Dr Soenarto 14 DPD, Ir Haryo Sumantri 11 DPD, Prof Tries Edi Wahyono 6 DPD, dan Untung Anas 2 DPD.

Sebelas nama itu kemudian diserahkan ke Dewan Penyantun untuk dipilih. Kemudian para Dewan Penyantun mengadakan sidang tertutup, hingga terpilihlah Nyoman S Hartana.

Keputusan Dewan Penyantun ini bacakan oleh Romo Hartono didampingi Romo Wisnu Sugiman dan Banthe Nyana Sila juga Kholifah Tasrikhul Adib Aziz mewakili jajaran Dewan Penasehat.

“Kami siap menerima tugas dan keputusan dari Dewan Penyantun ini. Tapi sebagai manusia banyak kelemahan hanya Tuhan yang tidak ada kelemahan,” ucap I Dewa Nyoman S Hartana saat menerima keputusan itu.

PCTA Indonesia adalah sebuah organisasi yang didirikan para pemuka agama di Indonesia mulai Islam, Hindu, Budha, Kristen, Katolik, dan Konghucu. Yang memiliki Visi Terwujudnya Bangsa Indonesia Yang Cinta Tanah Air.

Kelahiran PCTA dimulai saat seminar kitab Sutasoma warisan Empu Tantular yang didalamnya menyimpan mutiara Bhinneka Tunggal Ika yang diprakarsai oleh Bapak Kyai Moch Muchtar Mu’thi Pimpinan Pesantren Majmaal Bahrain Hubbul Wathon Minal Iman Shiddiqiyyah Jombang.

Kemudian dari seminar ini ditindaklanjuti dengan 12 kali pertemuan dan puncaknya pada tanggal 21 Maret 2010 di Trowulan Mojokerto Jawa Timur dideklarasikan Organisasi PCTA I Indonesia. {Tri Atmodjo}