Papua Berencana Bangun LRT (Light Rail Transit)

Papua Berencana Bangun LRT (Light Rail Transit)

Papua Berencana Bangun LRT (Light Rail Transit)

Berdikarinews.com, PAPUA – Tunjang sarana transportasi di Kota Jayapura, Pemerintah Provinsi Papua berencana membangun LRT (Light Rail Transit) sepanjang 37 kilometer (km) antara Stadion Mandala Jayapura hingga ke Bandara Sentani Kabupaten Jayapura, Sabtu (19/11/2016).

Konsultan perencana pembangunan LRT Dominggus Orbon memaparkan, jika jenis kereta api yang akan digunakan untuk transportasi di Papua utamanya di kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura adalah jenis kereta api ringan buatan Jepang, dengan dua hingga tiga gerbong kereta.

Ia mengatakan kereta api buatan Jepang nantinya ringan karena saat ini industri perkeretaapian yang maju adalah di negara ini, dan kenapa menggunakan jenis kereta ringan, karena ini perkotaan, jadi difokuskan pada angkutan penumpang.

Pembangunan kereta api tersebut dinilai sangat efektif karena selain solusi transportasi di Kota Jayapura, juga di maksudkan untuk menyasar promosi wisata di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Ia menambahkan dilihat dari topografi Papua yang sangat rumit, ditambah tidak adanya lahan untuk pembangunan jalan lagi, maka kereta api adalah solusinya, di tambah topografi Papua umumnya sangat sulit, maka ini solusi yang terbaik. Kedepan karena lintasan kereta api melewati pegunungan Syklop dan pantai di Kota Jayapura, maka harapan kami bisa mendongkrak sektor Pariwisata di Papua.

Jalur kereta api sepanjang 37 km tersebut, nantinya sesuai dengan perencanaan akan di bangun 11 stasiun yang di anggap strategis untuk tarikan penumpang. Dengan menggunakan sistem elevation dan dibangun di media jalan, sehingga tidak membutuhkan anggaran yang besar untuk pelepasan lahan. Adm