Seniman Indonesia Rayakan HUT RI di Melbourne

b INTERNASIONAL – Rayakan HUT RI Ke-70, seniman Indonesia memukau publik di Melbourne dalam acara Acara bertajuk “Cultural Night: Celebration of Indonesia”.

Hal ini dikatakan Producer dan Music Director “Celebration of Indonesia”, Randy Enos Hallatu. Enos mengatakan kegiatan ini menjadi ajang pertemuan seniman Indonesia yang berada di Australia. Kebanyakan dari seniman ini belum saling mengenal.

“Semua yang tampil ini volunteer. Untuk merayakan hari kemerdekaan RI ke-70 supaya masyarakat Australia di Victoria ikut merayakan sama-sama. Ini juga ajang pertemuan seniman-seniman Indonesia, banyak di antara kami yang belum kenal, dengan adanya ajang ini mereka bisa saling kenal dan tukar menukar informasi,” kata dia.

Dia menjelaskan pementasan dapat terlaksana atas latihan yang memakan waktu dan energy yang panjang.

“Kami kerja dengan orang-orang yang banyak, punya 200 lebih performer, bikin per part, latihan pisah sampai beberapa kali latihan terakhir. 8-9 Bulan membuat konsep, membuat musik, kemudian membagikannya, termasuk 3 bulan terakhir latihan dengan intens,” tutur Enos.

Jerih payah panitia tidak sia-sia, penonton yang menyaksikan acara terpukau dengan kesenian Indonesia yng ditampilkan.

“Saya sangat terkesan. Itu bagus sekali tadi. Sangat bervariasi, Bhinneka Tunggal Ika sangat jelas dalam acara tadi,” kesan Tim Livika, warga Melbourne yang fasih berbahasa Indonesia karena pernah tinggal di Yogyakarta 3 tahun yang lalu ini.

Sekitar 1.500 orang penonton yang hadir terpukau kala acara dibuka dengan tarian rancak dari Papua. disusul penampilan tari Saman yang kompak dari Aceh yang dibawakan oleh Saman Melbourne dan Saman IndoMelb.